FAKTOR PENYEBAB BAU BADAN

Hi Tritinias, kali ini Trity punya tips untuk menghilangkan bau badan. Pasti gak mau kan dijauhi teman karena bau badan. Apalagi kalo kamu sampai percaya diri hanya karena bau badan. Biar gak bau badan jauhi semua yang bisa menyebabkan kamu bau badan. Tapi, apakah kamu tahu apa saja penyebab bau badan ? Yuk simak!

  1. Hormon

Tritinias, hormon merupakan  faktor dominan dari bau badan. Eits, tapi bukan berarti satu-satunya penyebab dari bau badan adalah hormon. Pada dasarnya, hormon seseorang berbeda-beda. Bisa tinggi atau turun. Hal ini menandakan hormon tidak seimbang. Minum banyak air putih akan membantu mengatasi dan mencegah dari terjadinya bau badan. Disamping itu, meminum banyak air putih juga bagus untuk kesehatan tubuh.

  1. Stress

Penyakit ini biasa terjadi pada usia remaja hingga dewasa. Banyak penyebab dari stres, masalah ekonomi, rumah tangga, permasalahan dengan teman, rekan kantor, atau tempat tinggal yang nggak nyaman. Jadi, tritinias harus bisa segera menghilangkan stres dengan makan coklat atau madu yang mengandung zat penenang.

  1. Gangguan genetik langka yang disebut Trimethylaminuria

Mutasi pada gen tertentu menciptakan kondisi yang disebut trimethylaminuria, yang menyebabkan tubub tak bisa memecah senyawa kimia yang disebut trimetilamina.

Trimetilamina merupakan zat yang membuat ikan berbau, dan ketika zat tersebut menumpuk di dalam tubuh akan dilepas dalam napas, urine, dan keringat, sehingga membuat seseorang dengan trimethylaminuria berbau amis.

Menurut NIH, bau yang sangat mengganggu kehidupan sehari-hari sering menyebabkan depresi dan isolasi sosial.

  1. Kebersihan badan kurang dijaga

Sering mandi tapi masih bau badan ? Coba cek bajunya sudah ganti atau belum. Tritinias, jangan sampai kamu memakai lagi pakaian yang sudah basah terkena keringat. Bisa sia-sia mandinya kalau tritinias melakukan hal tersebut. Bagi para wanita, jangan lupa untuk sering mengganti bra, walaupun kalian memiliki bra favorit. Jangan lupa ganti baju ya tritinias!

  1. Alkohol

Selain tidak baik untuk kesehatan tubuh, alkohol juga menyebabkan bau badan. Kamu akan berkeringat ketika mengonsumsi minuman alkohol. Alkohol akan melalui darah dan seluruh tubuh, beberapa zat alkohol akan keluar melalui pori-pori, dan melalui nafas. Tak peduli jenis alkohol yang  diminum, sekali tubuh memecahnya aromanya bisa sama. Jauh-jauh deh sama alkohol.

  1. Brokoli

Tritinias mungkin sering mendengar bahwa memakan bawang puting dan bawah merah menyebabkan bau lebih dari sekadar bau mulut. Menurut WebMD, memang makanan berbau akan memecah senyawa bau yang bereda di dalam aliran darah dan keluar melalui napas, keringat, dan urine.

Tapi, bawang puting dan bawang merah bukan satu-satunya biang keladi. Bahkan, brokoli, kubis Brussel, dan sayuran lain yang termasuk keluarga cruciferous mengandung senyawa bau seperti sulfur dan menyebabkan bau yang berlebihan.

So tritinias, udah tau kan apa aja penyebab bau badan. Lebih baik mencegah sebelum bau badan. Tetapi, jika kamu sudah menjauhi faktor-faktor penyebab bau badan dan masih bau badan, kamu bisa memakai deodorant sewajarnya atau bisa menggunakan cara-cara alami yang lain. Semoga bermanfaat!

Pippiit_
A learner A listener

1 thought on “FAKTOR PENYEBAB BAU BADAN

  • Oh my goodness! an incredible article dude. Thanks Nonetheless I’m experiencing situation with ur rss . Don’t know why Unable to subscribe to it. Is there anybody getting equivalent rss problem? Anybody who is aware of kindly respond. Thnkx

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *